AdSense

Tuesday, July 31, 2018

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Daftar Wisata Seru di Kota Bandung Bandung adalah tempat indah yang dapat anda kunjungi kapan saja. Bandung Tidak Hanya Terkenal dengan panorama pemandangan alam yang indah saja, tetapi di kota ini banyak daya tarik wisata menarik untuk di kunjungi. Saung Angklung Udjo Kebanggaan warga Jawa Barat akan budaya dan kesenian tradisional Sunda telah menjadikan Saung Angklung Mang Udjo sebagai salah satu tempat wisata di Bandung menjadi Pusat budaya khas alat musik kesenian tradisional rakyat yang bernama Angklung.

Tempat Wisata Di Bandung Timur ini sesuai dengan namanya Saung Angklung Udjo, didirikan oleh budayawan sunda yang bernama Udjo Ngalagena bersama isterinya Uum Sumiati. Memiliki cita-cita memelihara serta mempertahankan alat musik tradisional khas sunda Angklung, serta didedikasikan sebagai salah satu tempat cagar budaya sunda di Jawa Barat.

Memiliki sebutan lain Saung Angklung Mang Udjo,tempat wisata di bandung ini adalah satu-satunya tempat yang bisa dikatakan sebagai pioneer sekaligus menjadi pusat kesenian tradisional angklung yang menyajikan atraksi pagelaran Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu beserta dengan proses pembuatannya dalam satu kawasan wisata. Karena sejarah pendirian serta tujuan dari mendirikan Saung Angklung Udjo ini sebagai pusat pendidikan dan juga penelitian kebudayaan sunda khususnya Angklung,maka tempat ini mampu menarik minat banyak sekali wisatawan,baik wisatawan domestik apalagi Wisatawan Mancanegara. Hal itu bisa dibuktikan dengan selalu penuh serta ramenya Saung Udjo Bandung setiap kali ada pementasan kesenian musik angklung di tempat ini.

Saung Angklung Udjo berada di kawasan Bandung Timur,tepatnya adalah di Jalan Padasuka No 118. Berada di Jalan Utama kota Bandung, sehingga bagi para wisatawan yang ingin belajar memainkan dan membuat atau sekedar tahu seperti apa kesenian angklung dan bagaimana cara pembuatannya untuk menuju lokasi ini sangatlah mudah untuk dicapai.

Kegiatan Pagelaran Seni Disaung Angklung
– Musik Angklung,dimainkan oleh anak-anak didik Saung Angklung Mang Udjo yang berusia masih muda,biasanya di bawah 10 tahun,namun memiliki keterampilan yang sangat luar biasa dan dijamin anda akan takjub melihatnya.
– Arumba, perpaduan antara musik tradisional khas sunda angklung mengiringi tarian khas sunda,menjadikan sebuah ritme musik yang sangat merdu dan indah.
– Wayang Golek,kesenian asli urang sunda yang terkenal dengan si Cepot dan Dewala ini,akan disuguhkan selama 10-15 menit kepada anda dengan konsep cerita rakyat yang lucu dan dijamin anda akan tertawa puas di sini.
– Helaran , ini adalah Ritual syukuran tradisi khas budaya sunda.
– Tarian Sunda seperti Jaipongan

Dan yang pertunjukan pagelaran seni di Saung Angklung Udjo yang bisa jadi paling berkesan dan menantang adalah,ketika anda dan pengunjung lainnya diajak dan ditantang memegang sekaligus memainkan alat musik tradisonal Angklung secara langsung.

Tiap pengunjung diberikan 1 buah angklung,dan diberikan tugas untuk memainkan satu buah nada yang nantinya akan dimainkan dan dipadukan secara serempak dengan seluruh pengunjung yang telah diberi arahan untuk memainkan nada-nya masing-masing secara bersamaan.

Dipimpin seorang Dirigen yang berdiri di tengah panggung pertunjukan,dan ketika anda bersama pengunjng lain paham tugasnya masing-masing,maka dijamin pengalaman anda merasakan sensasi menjadi pemain angklung bak suguhan orchestra tradisonal menjadi sesuatu pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

Selain itu ada juga Daftar Wisata Alam di Kota Bandung  fasilitas Penginapan/Guest House, Sebagai kwasan wisata budaya yang berkonsep One Stop Holiday,Saung Angklung Udjo juga memiliki fasilitas penginapan dan Guest House, Sehingga bagi anda yang ingin dan betah dengan dengan suasana wisata budaya sunda yang eksotis di sini,bisa menginap atau bermalam di sini.Adapun untuk harga sewa kamarnya berkisar antara Rp.300.000 sampai Rp.900.000/ malam.

Ada juga Toko Souvenir, di tempat ini juga anda bisa membeli oleh-oleh atau cendera mata berupa berbagai macam kerajinan tangan,seperti Tas,Sandal,wayang Golek,Gantungan Kunci serta alat musik tradisional Jawa Barat yaitu Angklung.

Tertarik kesini ? cek info lebihnya di www.bandungoffroad.com / www.travatour.com


No comments:

Post a Comment