AdSense

Wednesday, July 25, 2018

Curug Panganten

 Curug Panganten


Daftar Wisata Seru di Kota Bandung Memang benar Curug Panganten merupakan curug yang cukup unik karena dalam satu area terdapat dua buah air terjun yang saling berhadapan, bak sepasang pengantin yang tengah memaduasmara. Itulah Curug Penganten dimana selain menarik, juga banyak cerita-cerita berbau mistis didalamnya. Curug Panganten yang berlokasi di Desa Patakaharja Kabupaten Ciamis ini masih benar-benar bernuansa alami, bersih dan udaranya sangat sejuk. Sehingga tak mengherankan jika dari waktu ke waktu nama curug ini makin tenar dan didatangi banyak pengunjung. Curug panganten ini biasanya akan padat kalau musim liburan tiba, seperti libur sekolah, libur hari raya, dan lainnya.

Mengenai penamaan Curug Panganten sendiri, merupakan gabungan dari dua kata yag berasal dari bahasa sunda dimana lokasi curug itu berasal. Curug memiliki arti air terjun dan panganten= penganten, jadi Curug Panganten artinya air terjun penganten. Air terjun yang berpasangan. Menurut legenda, curug ini dulunya bernama Curug Sewu. Namun sebuah kejadian kemudian mampu mengubah nama Curug Sewu menjadi Curug Panganten.

Konon, di lokasi tersebut pernah ada kejadian yang mengenaskan yakni kematian sepasang penganten yang jasadnya tak ditemukan. Suatu waktu ada sepasang penganten yang tengah asyik berlayar di sungai (yang sekarang menjadi Curug Panganten) sambil bersenda gurau sehingga perahu yang mereka tumpangi menjadi goyang dan terseret arus. Arus sungai yang tengah deras membuat keduanya tak bisa diselamatkan. Dan mereka pun akhirnya meninggal namun jasadnya tak ada yang berhasil menemukan. Dari situlah, awal mula nama Curug Panganten akhrnya muncul.

Di Daftar Wisata Alam di Kota Bandung dekat curug ini terdapat sebuah batu bernama bedil yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti senapan. Dinamakan bedil karena batu tersebut bentuknya seperti bedil atau senapan. Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat yakni kelak batu bedil tersebut kalau terjadi kiamat akan menembakkan peluru ke beberapa dusun di sekitar lokasi tersebut.

Tertarik ? kuyy kunjungi kita di www.bandungoffroad.com / www.travatour.com

No comments:

Post a Comment