AdSense

Monday, January 18, 2016

Wisata Offroad Kawah Domas Di Bandung

Di Bandung, wisata bernuansa alam banyak di temui di kawasan lembung.Kawasan ini merupakan kawasan pegunungan dengan hawa yang sangat sejuk. Salah satu objek wisata yang ada di kawasan ini adalah Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu sendiri memiliki beberapa kawah yang menjadi incaran para penikmat wisata alam. Salah satunya adalah Kawah Domas. Kawah Domas memang tidak sebesar kawah-kawah lain seperti Kawah Ratu dan Kawah Upas. Namun, Kawah Domas justru memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh kedua kawah tersebut. Disini kita bisa memasak telur langsung dari air kawah
Bentuk Kawah Domas memang berbeda dengan Kawah Ratu dan Kawah Upas. Di Kawah Domas ini terdapat banyak kubangan-kubangan air panas. Sumber panas tersebut berasal dari zat belerang yang begitu melimpah di sekitar Kawah Domas dan juga kawasan Gunung Tangkuban Perahu pada umumnya.
Ada juga manfaat dari kawah domas sebagai berikut:
Para pengunjung biasanya memanfaatkan sumber air panas ini untuk merebus telur. Ada juga yang merendamkan kaki. Katanya, merendam kaki disini bisa jadi obat alami untuk menghilangkan berbagai penyakit kulit.
Kawah Domas ini belum banyak dikunjungi dan masih tampak lengang. Padahal ada papan penunjuk yang memberitahukan arah ke kawah tersebut, walapun kecil.Ada dua kemungkinan mengapa para pengunjung belum banyak yang melirik keberadaan kawah domas ? Pertama, papan nama yang dipasang terlalu kecil sehingga kurang banyak orang yang tahu bahwa ada objek lain selain Kawah Ratu yang menjadi objek wisata utama. Kedua, kalah pamor dengan kawah induknya yakni Tangkuban Perahu senndiri dan menganggap bahwa Kawas Domas kurang menarik.
Apakah Anda tau juga jarak antara Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Domas?
Jarak 1,2 km tentunya bukanlah jarak yang cukup jauh. Namun curamnya jalan menjadikan sebagian orang tentu berpikir ulang saat akan kemali dengan jalur yang mendaki dan bisa di pastikan bakal mengurus tenaga dan nafas.  Padahal pengunjung tidak perlu kuatir kecapekan atau kehabisan nafas karena terdapat jalan lain yang lebih rata untuk kembali ke jalan aspal(umum) dengan angkutan umum yang siap mengantar pengunjung kembali Ke Kawah Ratu. Sekalipun disebut sebagai kawah, namun secara umum pemandangan di kawah Domas tidaklah menyerupai Kawah sebagai halnya di Kawah Ratu atau kawah Upas. Pemandangan Di Kawah Domas malah lebih didominasi oleh longsoran tebing yang berwarna putih. Di beberapa bagian tebing terlihat berwarna kuning, tepatnya pada rongga-rongga yang mengeluarkan asap belerang. Bau belerang cukup kuat di lokasi ini namun juga tidak terlalu kuat.
Kawah Domas memiliki sumber mata air panas yang tidak pernah berhenti bergejolak siang dan malam. Sebuah Kubangan air kecil yang juga bisa dijumpai disini, tempat dimana pengunjung bisa meredamkan kaki menikmati hangatnya air berkapur yang di percayai bisa menghilangkan berbagai penyakit kulit.

No comments:

Post a Comment