AdSense

Wednesday, December 16, 2015

Safety First – Aman Berkendara dan Melibas Belantara – Bandung Offroad | (081220900524)


Menggeluti hobi offroad adventure tidak bisa lepas dari pertimbangan keselamatan yang melibatkan sejumlah isu. Hal pertama yang kebanyakan orang pikirkan ketika berbicara masalah keselamatan adalah seorang perlengkapan yang dipakai oleh pengendara. Bagi seorang pemula keselamatan benar-benar dimulai dengan sepeda motor itu sendiri.

Lihat dan perhatikan motor trail Anda. Apakah sudah sesuai dengan Anda? Membeli sebuah motor trail yang tidak sesuai dengan karakter pengemudinya, baik fisik maupun keterampilan bukanlah ide yang bijaksana untuk pemula. Jika anda tidak dapat menahan motor trail anda tanpa bantuan pada posisi duduk, bisa dikatakan bahwa motor trail tersebut terlalu besar. Kalau sudah begitu, cari motor trail yang lebih kecil. Cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah motor trail sudah pas dengan karakter tubuh anda adalah ketika berada di tanah yang datar, kedua ujung kedua kaki anda harus dapat menempel di tanah pada waktu yang sama. Sementara itu, seiring dengan waktu, pengendara yang lebih berpengalaman dapat beradaptasi dengan sepeda motor yang lebih besar. Namun, akah lebih baik jika postur anda benar-benar menunjang dan sesuai dengan sepeda motor yang anda gunakan. Apalagi untuk kegiatan off-road adventure dimana kecenderungan mengunakan kedua kaki sebagai tumpuan saat melibas belantara akan sangat penting.
Periksalah terlebih dahulu kondisi motor trail anda sesaat sebelum anda memulai aktivitas offroad adventure. Periksa mulai dari kekencangan mur/baut, kondisi tuas persneling, tuas rem, kopling, kekencangan rantai, keadaan ban dan akhirnya keadaan mesin itu sendiri. Jangan pernah memulai kegiatan off-road dengan kondisi motor yang kurang memadai, karena ujung-ujungnya akan menyusahkan diri anda sendiri bahkan teman-teman anda. Jalur yang harusnya bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 5 jam akan menjadi 10 jam bahkan lebih jika ada salah satu atau lebih motor yang mogok di tengah hutan.
Setelah berkutat di masalah motor, sekarang tiba saatnya ke pengendara. Off-road adventure adalah olah raga yang keras yang melibatkan halangan, rintangan dan bahkan kecelakaan yang tak terduga. Jangan pernah memulai kegiatan off-road tanpa dilengkapi perlengkapan pengaman pengendara yang memadai. Meskipun tidak 100% bisa melindungi diri anda dari cedera, setidaknya dampak cedera bisa dikurangi.
Sebuah helm adalah suatu keharusan dalam kegiatan off- road adventure. Helm harus pas dengan kepala pengendara, ringan, dan memiliki peringkat/standar yang berlaku baik Internasional (Snell M95 di atasnya) atau nasional (SNI). Jika tidak, jangan membelinya. Helm hanya bisa dikatakan baik ketika tidak ada kekurangan apapun pada bagian helm tersebut Anda tidak tahu apa yang telah mengenai helm jika anda membeli helm bekas. Oleh karena itu usahakan beli helm dalam kondisi baru. Apabila pernah mengalami kecelakaan, meski tidak menunjukkan tanda-tanda luar, maka helm tersebut akan berkurang kemampuannya dalam memberikan perlindungan yang memadai. Gantilah dengan helm yang baru. Kepala Anda tidak dapat digantikan. Perlakukan dengan benar. Helm yang baik tidak selalu harus yang mahal. Asalkan sudah memiliki standar/peringkat di atas, maka sesuaikan dengan budget anda dan pilih helm seperti apa yang mampu anda beli. Jangan memaksakan untuk membeli helm yang berharga jutaan rupiah tapi tidak dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan lainnya.
Goggle atau kacamata sangat penting dalam kegiatan off-road adventure. Bukan karena kacamata ini melindungi mata anda dari benturan, tetapi dampak benturan bisa dikurangi. Yang lebih penting, sebenarnya goggle/kacamata ini memberikan perlindungan anda terhadap lontaran batu, lumpur, tanah atau terbentur dahan, daun yang tentu saja ini bisa menjadi penyebab anda kehilangan konsentrasi dan keseimbangan yang akhirnya bisa berujung kecelakaan. Pilihlah goggle yang sesuai dengan kontur wajah anda. Jangan terlalu longgar dan jangan terlalu sempit. Usahkaan menggunakan goggle yang memiliki kaca dengan fitur anti fogging, sehingga dalam kondisi panas/dingin, kaca tersebut tidak berembun yang dapat mengurangi pengelihatan anda.
Chest protector/body protector harus mencakup seluruh dada dan tulang rusuk bagian atas. Ukurannya tidak boleh terlalu panjang sehingga mengganggu saat ada pada posisi duduk. Idealnya, chest protector/body protector harus dapat memberikan perlindungan bagi bahu dan lengan atas. Seperti halnya helm, chest protector/body protector dijual di pasaran dengan berbagai macam kelas dan kualitas. Bagus tidak selalu harus mahal meski yang mahal bisa dikatakan pasti bagus. Sesuaikan dengan kemampuan budget anda dan pilih chest protector/body protector yang anda rasa pas dengan kontur tubuh anda.
Sarung tangan meski terlihat sederhana tapi juga memegang peran yang penting dalam berkendara. Tidak jarang ranting-ranting pohon dapat dengan mudah melukai tangan anda jika tidak menggunakan sarung tangan. Pilihlah sarung tangan dengan ukuran yang sesuai. Jangan menggunakan sarung tangan yang terlalu besar sehingga menyisakan ruang. Jangan pula memilih sarung tangan dengan ukuran yang terlalu kecil sehingga mengurangi kenyamanan anda.
Pelindung siku / lutut (elbow guard, knee protector) merupakan alat pengaman selanjutnya yang perlu dipertimbangkan. Dalam kegiatan off-road adventure, halangan/rintangan yang dihadapi seringkali di luar dugaan. Tidak jarang tanpa kita sadari kaki kita tertabrak dahan / ranting pohon, dan saat jatuh, tidak jarang pula adalah batu yang kita temui. Oleh karena itu jangan sampai melupakan untuk menggunakan pelindung siku/lutut saat offroad adventure.
Akhirnya, untuk melengkapi peralatan offroad adventure, jangan sampai melupakan sepatu boot. 
Sepatu boot untuk kegiatan offroad adventure/motocross didesain untuk melindungi kaki pengendara, baik telapak kaki, mata kaki maupun tulang kering, dari benturan keras, atau bahkan tertindih motor saat jatuh. Sepatu saya anggap saat ini adalah yang paling sering terkena kasus, oleh karena itu belilah sepatu yang agak berkualitas, kalau bisa yang bagus sekalian. Karena frekuensi terkena benturan akan sangat sering dibandingkan dengan perlengkapan lainnya.
Di samping beberapa alat pengaman di atas, sebenarnya ada beberapa alat lagi seperti neck brace, mouth guard dan nose guard. Namun alat-alat seperti ini lebih banyak diaplikasikan untuk kegiatan motocross racing competition, dimana kecepatan tinggi merupakan syarat utama. Sehingga faktor keselamatan menjadi jauh lebih dipertimbangkan lagi. Neck brace melindungi leher anda saat jatuh sehingga mengurangi risiko patah/cedera leher. Mouth guard dan nose guard melindungi mulut dan hidung anda dari benturan dengan helm.
Semoga uraian di atas sedikit bisa membuka wawasan kita, bahwa keselamatan adalah hal utama dalam kegiatan offroad adventure. Jangan sampai kegiatan yang menyenangkan ini harus berhenti di tengah jalan karena kita mengalami cedera yang sebenarnya bisa dicegah sejak awal.

Nah bagi Anda yang ingin dan mau mencoba olahraga yang satu ini. Dan Anda ingin melakukan offroad di Bandung, hubungi saja kami di :
Hotline : 085321483672 / 081220900524
WhatsAp : 087829320449 / 08562066257
Line : 085321483672
Pin BB : 51F6B866
Email : info@bandungoffroad.com
Alamat : Graha Pos, 5th floor Jl. Banda No.30 Bandung West Java (Indonesia)

No comments:

Post a Comment