AdSense

Friday, February 5, 2016

Curug Cimahi

Wisata Offroad Curug Cimahi Di Bandung

Curug Cimahi ini adalah salah satu air terjun tertinggi di Bandung dan sekitarnya,karena memiliki ketinggian mencapai 87 meter,sangat tinggi sekali bukan ? coba bandingkan dengan air terjun Bandung lainnya yang ada di Bandung barat,yang pernah penulis tuliskan di blog Tempat Wisata Di Bandung ini,yakni curug malela – Pesona Niagara Mini Bandung yang Misterius .yang hanya memiliki ketinggian 60 meter saja.
Nama Curug Cimahi sendiri sudah pasti tidak akan bisa dilepaskan dengan Kota Cimahi,karena Cimahi sendiri namanya diambil dari nama sungai yang mengalir di atasnya,yakni Sungai Cimahi yang sumber airnya pernah penulis juga tuliskan sebelumnya yaitu situ lembang dan kemudian mengalir ke kota Cimahi.Lokasi Curug Cimahi yang terkenal dengan Air Terjun Pelangi/The Rainbow Waterfall-nya ini berda di atas ketinggian 1050 mdpl dari permukaan air laut,sehingga sudah bisa dibayangkan,bagaimana sejuk bahkan bisa sangat dingin suhu udaranya di sini.Tapi rata-rata suhu kawasan ini dalam kedaan normal berkisar antara 18-22 derajat Celcius.
Keindahan Curug Cimahi
Keindahan serta keelokan air terjun di Bandung memang sangat luar biasa,serta keberadaan nya sudah sangat jelas menjadi daya tarik dan nilai tersendiri bagi kota Bandung yang merupakan sebuah kota metropolitan dengan segala kesibukan dan aktifitas bisnis perkotaan di dalam nya.Ya,keberadaan air terjun bagi Bandung memiliki arti sebagai salah satu tempat yang bisa dijadikan obat dahaga,atau pelepas penat serta stress dari rutinitas kerja setiap hari perkotaan,dengan tentunya setiap kali mengunjungi lokasi wisata air terjun bandung ini,siapa pun pengunjung akan melihat ketakjuban serta luar biasanya maha karya Allah SWT,berupa pancuran air raksasa yang meluncur turun deras dari ketinggian ke bawah perbukitan.
Seperti sudah dikatakan di awal tadi, Curug Cimahi adalah satu dari sekian banyak air terjun yang dimiliki Bandung seperti Curug Malela,Curug Bugbrug dan Curug Panganten yang lokasinya berada dalam satu kawasan Wisata alam bandung. Memiliki kesamaan dari sisi eksotisme alam dan mampu menciptakan romantisme di di setiap pancaran butir-butir air yang mengenai tubuh,namun Curug Cimahi Bandung ini,memiliki keistimewaan tersendiri,apabila air terjun malela memiliki 5 buah jalur air terjun layaknya seperti air terjun niagara yang terkenal di amerika,maka Curug Cimahi ini memiliki keunikan yaitu curugnya yang bertingkat dua serta debit air atau jumlah airnya yang selalu sama baik musim kemarau maupun penghujan.

Sejarah Curug Cimahi

Curug Cimahi secara resmi dibuka tahun 1978 untuk umum. Karena berada di kawasan hutan milik PT Perhutani Unit III Jabar, maka instansi pemerintahan itulah yang mengelola sehari-hari. menurut penuturan salah satu sesepuh warga setempat, curug ini sebelum dikenal sebagai Curug Cimahi,sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tentu saja tak ada catatan resmi kapan curug ini ditemukan. Namun menurut cerita warga sekitar tentang sejarah Curug Cimahi ini, bahwa 31 tahun yang silam, beberapa warga kampung Cisarua yang berjumlah 3 orang,yakni Jajang,Engkos dan Dani yang merintis pembukaan dan pembangunan curug ini.
Engkos, misalnya, dengan dibantu beberapa warga membuat jalan berundak yang menuju lokasi air terjun. Sejak itulah keberadaan Curug Cimahi semakin diketahui khalayak. Dan seiring perjalanan waktu, Curug Cimahi kian ramai dikunjungi. Apalagi bila musim libur tiba. Tempat sudah pasti dipenuhi pengunjung yang ingin refreshing.

No comments:

Post a Comment